Rabu, 17 Februari 2010

Budaya ku berganti nama dan sejarah
Indonesia adalah Negara yang memiliki jumlah kebudayaan paling banyak di dunia, disetiap pelosok negeri terdapat berbagai kebudayaan yang telah ada sejak dahulu. Aneka ragam kebudayaan tersebut membuat bangsa ini tampak indah dan dikenal berbagai Negara. Selain itu kebudayaan kita juga sangat menarik dan disukai oleh manca Negara, bahkan tidak sedikit warga Negara lain yang cinta dan ingin belajar kebudayaan dari Indonesia. Tetapi kita sendiri jarang sekali menjaga dan melestarikan kebudayaan yang kita miliki, namun beberapa waktu yang lalu kita merasa kebudayaan kita dirampok oleh Negara lain (Malaysia) sehingga kita merasa memilki kebudayaan yang selam inii kurang kita pedulikan.
Setiap kejadian yang terjadi di dunia selalu ada hikmahnya, berkat kejadian tentang klaim kebudayaan nyang diakukan oleh Malaysia telah membangkitkan semangat untuk bersatu dan melestarikan kebudayaan yang ada. Untuk itu perlu adanya sebuah pelestarian kebudayaan secara continue di setiap genarasi bangsa kita, selain itu perlu adanya event rutin yang menampilkan seluuruh kebudayaan yang kita miliki dan tidak lupa adalah hak paten produk kebudayaan kita. Masyarakat kita adalah masyarakat yang memiliki daya kreatifitas seni tinggi dibandingkan malaysia, buktinya adlah karya seni yang dihasilkan oleh anak bangsa sanngat diterima dan dibanggakan oleh masyarakat negeri jiran. Bahkan seni dan budaya kita pun telah dibawa ke negeri jiran, hal ini sangat membanggakan bagi bangsa kita. Namun kita dibuat naik pitam karena seni dan budaya yang kita miliki dibawa tanpa izin, selain itu nama dan sejarahnya telah di ubah yang selanjutnya diklaim sebagai kebudayaan negeri jiran.
Untuk itu perlu adanya hak paten terhhadap seni dan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, tidak hanya itu perlu adanya pelestarian seni dan budaya dengan menanamkan jiwa cinta seni dan budaya pada generasi bangsa sejak usia dini. Melalui pembelajaran kebudayaan di sekolah formal maupun sanggar seni dan budaya. Sehingga kita tidak lagi kehilangan seni dan budaya bangsa ini dan kita pun siap untuk berperang (bersaing) dengan kebudayaan dari Negara lain, karena seni dan budaya merupakan salah satu cirri khas yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.
By:fuu (anak bangsa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar